Skip to main content

PENGENALAN MULTIMEDIA INTERAKTIF || Randi Alkarmo

Pengenalan Multimedia

Apa sih Multimedia ? itu mungkin yang ada di benak pemirsa berbagi ilmu yang sedang bahagia eeaa.Nggak usah basa basih lagi deh,langsung saja simak penjelasan nya okey,,,let's Start now

Penegertian Multimedia

Multimedia adalah merupakan penggunaan komputer yang mana digunakan  untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar,animasi, audio dan video dengan menggunkan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, Multimedia juga sering di aplikasikan  pada  dunia game, dan juga biasanya diganakan untuk membuat website.

Konsep dasar Multimedia

Seperti yang telah dijelaskan mimin sebelumnya (Pengertian Multimedia), multimedia adalah merupakan  penggunaan komputer untuk menggabungkan dan memadukan  informasi yang  berupa teks, gambar, suara, animasi , atau bahkan video untuk ditampilkan untuk pengguna komputer .  Multimedia terbagi menjadi 2 bagian  yaitu multimedia linear (tetap) dan multimedia interaktif (dapat dikendalikan). Pada multimedia interaktif, penggunanya diberikan fasilitas untuk mengendalikan atau memainkan elemen-elemen multimedia yang tersedia. Dan apabila dalam aplikasi multimedia tersebut telah  disediakan bebagai  struktur dari elemen terhubung yang dapat dikendalikan oleh pemakai / pengguna, maka Interactive Multimedia tersebut menjadi Hypermedia. Contoh mudah multimedia linear adalah media televisi. Dalam pemanfaatan televisi tidak terjadi suatu interaksi dari pengguna untuk mampu mengendalikan objek multimedia yang dihasilkan. Sedangkan multimedia interaktif yaitu pada game dan aplikasi dari komputer. Pengguna diberikan fasilitas kontrol agar multimedia dapat berubah sesuai keinginan. Sedangkan seorang atau sekelompok orang yang merancang dan membangun sebuah multimedia disebut Multimedia Developer.

Tujuan Dasar Multimedia

Pemanfaatan multimedia memiliki tujuan-tujuan dasar sebagai berikut,
  1. Meningkatkan efektifitas penyampaian informasi
  2. Mendorong partisipasi, eksploitasi dan interaksi pemakai
  3. Merancang panca indra, karena bersifat visual
  4. Memberikan kemudahan pemakaian.

  

Elemen – elemen Multimedia

Sebuah multimedia yang baik dan mudah dipahami, membutuhkan elemen-elemen yang mampu menyampaikan sebuah informasi kepada mengguna multimedia tersebut agar lebih menarik.
Elemen – elemen tersebut yaitu anatara lain :
        

     1. Teks

Teks merupakan elemen multimedia yang paling sederhana dan mudah dimengerti. Selain itu teks lebih mudah diolah, disimpan dan tidak banyak memakai memori dalam sebuah media penyimpanan. Ada beberapa jenis media teks antara lain plain text, rich format text, dan  hyper text. Plain Text merupakan jenis text yang paling dasar, berbentuk kode ASCII.

     2. Animasi

Animasi adalah merupakan  bentuk gambar yang bergerak. Dengan menampilkan banyak gambar secara cepat, dan bergantian serta terus-menurus sehingga dapat  menghasilkan efek sebuah gambar yang bergerak. Animasi lebih menarik dibanding bantuk gambar atau grafik biasa.

     3.  Grafik


Grafik  sangat baik untuk  mengilustrasikan sebuah  informasi. Grafik  juga dapat berupa kurva, foto, hasil scanner maupun bentuk gambar lain baik dua dimensi atau tiga dimensi.  Berdasarkan pembentukkaannya, jenis grafik terbagi dua macam antara lain
  • Grafik Bitmap

Bitmap  disusun sebagai sebuah matriks yang mempresentasikan dari  setiap titik atau pixel dan warna. Kualitas bitmap sangat tergantung dengan  resolusi pixel dan ketajaman warna. Grafik dalam bentuk ini sangat baik dalam penyimpan foto atau gambar yang rumit. Ukuran file bitmap biasanya berukuran cukup besar karena grafik disimpan per pixel.
  • Grafik Vektor
Grafik  vektor dibentuk dari hitungan matematika sebagai  dasar untuk menampilkan grafik. Grafik vektor terbentuk dari susunan garis, bangun dua dimensi (persegi, elips, lingkaran) yang ditempatkan secara matematis dengan koordinat, ukuran , ketebalan  dan sudut. Grafik vektor cenderung berukuran kecil dalam penyimpanannya. Selain itu apabila diperbesar (zooming) , vektor tidak mengalami perubahan kehalusan grafik.

    4. Gambar

Gambar merupakan  suatu objek yang dapat ditampilkan dalam bentuk grafik (non teks) atau konsep yang berbentuk kode yang tidak berelasi dengan waktu. Gambar terbagi tiga jenis yaitu visible image, non visible image dan abstract image.

Visible image : gambar yang terlihat seperti lukisan , dan foto.

Non visible image : suatu objek yang bukan gambar namun dipresentasikan dalam bentuk gambar seperti pengukur suhu, pengukur tekanan dan jenis pengukur lainnya.

Abstrak : gambar yang tidak nyata, yang berbasiskan perhitungan aritmatika. 

    5. Suara

Pengunaan suara atau audio  dalam aplikasi multimedia dapat memberikan informasi yang tidak mungkin diberikan oleh media informasi seperti gambar, grafik ataupun teks. Contohnya untuk menginformasikan bagaimana bunyi desiran angin tentu tidak bisa didepskripsikan oleh teks. Ada tiga jenis suara yaitu ucapan (speech), musik dan efek suara. Selain itu suara juga terbagi dua jenis formatnya yaitu MIDI dan WAVE.
    • MIDI ( Musical Instrument Digital Interface) merupakan jenis format suara yang berasal dari instrumentasi alat musik. Namun jenis fomat MIDI tidak dapat memainkan atau merekam bunyi atau suara yang alamin seperti suara manusia, suara tetesa air dan lain-lain
    • WAVE merupakan jenis format musik atau suara yang berbasis digital yang dapat merekam dan memainkan jenis suara apapun baik real sound effect maupun suara dari manusia.

     6. Video

Video seperti layaknya seperti animasi namun video lebih cenderung menghasilkan karya dari adegan dunia nyata yang direkam secara langsung.  Dalam video biasa terkandung juga elemen multimedia yang lainnya seperti gambar , suara dan tulisan. Dibanding dengan elemen lainnya , video menyuguhkan informasi lebih lengkap dan menarik.

Konsep Dasar Warna dalam Multimedia

RGB (Red, Green, Blue)

Warna RGB adalah model warna additive yang bertujuan sebagai penginderaan dan presentasi gambar dalam tampilan visual pada peralatan elektronik seperti komputer, televisi dan fotografi. Warna RGB difungsikan untuk tampilan di monitor komputer karena warna latar belakang komputer adalah hitam.

CMYK ( Cyan Maggenta Yellow Key)

CMYK (adalah kependekan dari cyan, magenta, yellow-kuning, dan warna utamanya (black-hitam), dan seringkali dijadikan referensi sebagai suatu proses pewarnaan dengan mempergunakan empat warna) adalah bagian dari model pewarnaan yang sering dipergunakan dalam pencetakan berwarna. Namun ia juga dipergunakan untuk menjelaskan proses pewarnaan itu sendiri. Meskipun berbeda-beda dari setiap tempat pencetakan, operator surat khabar, pabrik surat khabar dan pihak-pihak yang terkait, tinta untuk proses ini biasanya, diatur berdasarkan urutan dari singkatan tersebut.
Untuk pemanfaatan dari Multimedia itu sendiri dapun pemanfaatan multimedia dalam kehidupan sehari-sehari yang di lakukan masyarakat dalam berbagai kategori atau aspek bisa di lihat dalam postingan berikutnya :)
Sekian dulu Penjelasan mengenai tenatang apa sih itu Multimedia dan bebagai aspek yang meliputi dari multimedia itu sendiri adapun ada tentang pemanfaatnya bisa dilihat pada postingan selanjutnya, tetap stay in my blog agar nggak ketinggalan lanjutan postingannya yaa. Moga postingan yang saya sampaikan ini dapat berguna dan bermanfaat Aminn...Sekian dan sampai jumpa di artikel selanjunya

Di Kutip daari berbagai sumber dibawah ini :
http://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia
http://agungborn91.wordpress.com/2013/03/16/konsep-dasar-multimedia/
http://iketutsuastika.wordpress.com/2013/03/19/pemanfaatan-multimedia/
http://www.m-edukasi.web.id/2011/10/pemanfaatan-multimedia-pembelajaran-di.html
http://kusdanar.wordpress.com/2013/03/19/multimedia-untuk-aplikasi-umum/
https://kobanwilly.wordpress.com/2014/03/11/pengenalan-multimedia/

Comments

Popular posts from this blog

PENGERTIAN DAN CARA MENGGUNAKAN MESIN CETAK OFFSET

Hay sahabat Alkarmosite berjumpa lagi pada kesempataan kali ini.Pada kesempatan ini mimin akan membagikan artikel mengenai tentang mesin cetak offset. Ha mesin cetak offset,apa itu? nah penasarankan yaudah mimin kasih pembahasan nya sekalian cara mengopersikan mesin cetak offset  khusunya mesin oliver 58 secara lengkap dan tuntas.Yuk nggak usah basa basi lagi siamak penjelansan nya ya. Banyak jenis mesin yang dapat digunakan untuk mencetak salah satunya yaitu adalah  mesin cetak offset oliver 58. Dari segi model gambar, ukuran gambar, ukuran kertas berbeda mesin yang bisa digunakan. karena itu harus menyesuaikan faktor yang tersebut di atas. Salah satu mesin cetak ukuran besar adalah oliver 58. Mesin ini berukuran silinder 51 x 57 cm , dengan ukuran kertas maksimal 44 x 58 cm dan maksimal area cetak adalah 42 x 56 cm. Jadi walau ukuran silinder tempat untuk meletakkan plat besar namun ukuran cetaknya tidak bisa pas persis seperti ukuran silinder mesin oliver 58 tersebut....

UPAYA BANGSA INDONESIA DALAM MENGHADAPI ANCAMAN DISINTEGRASI BANGSA

UPAYA BANGSA INDONESIA DALAM MENGHADAPI ANCAMAN DISINTEGRASI BANGSA 1. Konflik dan Pergolakan yang Berkait dengan Ideologi.  a. Pemberontakan PKI (Partai Komunis Indonesia) Madiun Sejak merdeka sampai awal tahun 1948, PKI masih bersikap mendukung pemerintah, yang kebetulan memang dikuasai oleh golongan kiri. Namun ketika golongan kiri terlempar dari pemerintahan, PKI menjadi partai oposisi dan bergabung dengan partai serta organisasi kiri lainnya dalam Front Demokrasi Rakyat (FDR) yang didirikan Amir Syarifuddin pada bulan Februari 1948. Pada awal September 1948 pimpinan PKI dipegang Muso. Berbagai upaya dilakukan oleh PKI untuk meraih kekuasaan. Di bawah pimpinan Musso, PKI berhasil menarik partai dan organisasi kiri dalam FDR bergabung ke dalam PKI. Partai ini lalu mendorong dilakukannya berbagai demonstrasi dan pemogokan kaum buruh dan petani. Sebagian kekuatan, kekuatan bersenjata juga berhasil masuk dalam pengaruh mereka. Muso juga kerap mengeluarkan pernyataa...

CERITA DAN KISAH 3 MURID TJOKROAMINOTO

Kisah 3 murid Tjokroaminoto: Soekarno, Semaoen, Kartosoewirjo Kisah 3 murid Tjokroaminoto ini merupakan kelanjutan dari postingan mimin yang kemarin tentang perjalanan HOS Tjokroaminoto.HOS Tjokroaminoto mempunyai 3 murid yang sangat berpengaruh dalam sejarah bangsa indonesia, mereka bertiga menjadi pelaku sejarah yang tak akan terlupakan bagi bangsa indonesia dan akan selalu di kenang selamanya.Agar tidak penasaran mari simak penjelasannya di bawah ini yuk mari. Jauh sebelum mereka memilih jalan hidupnya masing-masing, tiga tokoh terkenal yaitu  Soekarno, Semaoen, dan Kartosoewirjo pernah tinggal bersama. Mereka pernah menjadi murid dari pemimpin Sarekat Islam Hadji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto. Di sebuah jalan kecil bernama Gang Paneleh VII, di dekat Sungai Kalimas, Surabaya, rumah Tjokroaminoto berada. Rumah yang  bernomor 29-31.Setelah menjadi pemimpin SI yang anggotanya lebih dari 2,5 juta orang, Tjokroaminoto yang saat itu berusia 33 tahun tidak memiliki pengha...