Komponen Multimedia
Assallamualaikum wr wb sekalian,Apakabar pemerisa alkaramosite tercinta?muga dalam keadaan sehat selalu amin.Ow iya dah lama mimin udah gak ngepost postingan nih,,trus kemarin-kemarin mimin kemana sih.Mimin kemarin lagi sibuk buat perisapan ujian nasional dan persiapan buat ujian lainnya, ya maklum mimin kan baru SMK kelas XII.Doakan ya pemerisa semoga mimin di beri kemudahan buan ujian nya dan nilai nya memuaskan :) Amin.Biar bisa ngepost postingan trus,Nah dalam postingan kali ini mimin akan membahas tentang "Komponen Multimedia".Dalam postingan ini akan di bahas tutas mengenai berbagai macam komponen-komponen multimedia.Yaudah langsung saja mari kita bahas.Let's Go.....
Komponen multimedia berupa teks, grafik, audio, video, animasi :
Komponen multimedia berupa teks, grafik, audio, video, animasi :
Teks
a. Word Processor (WP)
Teks dibuat menggunakan WP kemudian di import dari Multimedia Authoring Program seperti Macromedia Director atau Macromedia Authorware dalam format Rich Text Format (RTF)
b. Authoring Software (AS)
Teks dibuat menggunakan fasilitas text editor yang terdapat dalam program seperti Macromedia Director
Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan teks dalam pembuatan sebuah aplikasi multimedia yaitu :
1. Untuk font kecil, gunakan font yang tersedia yang paling dapat dibaca.
2. Gunakan sesedikit mungkin face yang berbeda untuk pekerjaan yang sama, namun variasikan berat dan ukuran typeface menggunakan cetak miring dan cetak tebal.
3. Dalam blok teks, atur leading untuk spasi baris yang sesuai
4. Gunakan kata-kata yang bermakna atau frasa untuk link dan item menu
Dalam menggunakan teks untuk aplikasi multimedia juga harus diperhatikan siapa yang akan menggunakan aplikasi tersebut. Secara umum dibedakan menjadi dua, yaitu
1. Individual user
multimedia yang digunakan oleh seorang pemakai dengan menggunakan komputer, gunakan extensive text dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan untuk group presentation.
2. Group presentations
Gunakan teks seminimal mungkin; karena yang berbicara adalah presenter / penyaji.
Format teks dapat dibagi menjadi 2 bentuk :
1. Bullet text
· Berisi teks pendek; diawal dengan simbol-simbol tertentu
· Digunakan untuk menjelaskan konsep atau menjelaskan suatu maksud
· Contoh simbol yang digunakan : , , 1, a, dll
2. Paragraf text
· Merupakan sekumpulan teks; biasanya terdiri lebih dari 1 kalimat
· Ada 4 bentuk format paragraf, yaitu : left-aligned, right-aligned, centered, justified
Grafik
Semua objek yang disajikan dalam bentuk grafik adalah bentuk setelah encoding dan tidak mempunyai hubungan langsung dengan waktu.
Kegunaan grafis dalam aplikasi multimedia :
1. Sebagai ilustrasi untuk menjelaskan kosep-konsep
2. Chart, untuk ilustrasi dan meringkas data-data numerik
3. Warna, bakground dan icon untuk menyediakan keseragaman dan keberlanjutan dalam aplikasi
4. Integrasi dari text, photo, dan grafik untuk mengekspresikan konsep, informasi atau suasana hati
5. Menunjukkan image dan budaya perusahaan
6. Simulasi dari lingkungan yang ada
7. Menjelaskan proses
8. Menjelaskan struktur organisasi
9. Ilustrasi dari lokasi
Gambar dibedakan menjadi dua, yaitu bitmap dan vector.
a. Gambar bitmap adalah obyek gambar yang dibentuk berdasarkan titik-titik dan kombinasi warna
b. Gambar vektor adalah obyek gambar yang dibentuk melalui kombinasi titik-titik dan garis dengan menggunakan metode matematis
Jenis gambar
|
kelebihan
|
kekurangan
|
Bitmap
|
o Mampu menangkap nuansa warna dan bentuk yang natural.
o Lebih cepat dan lebih sesuai untuk ditampilkan ke layar monitor, karena gambar bitmap dapat ditransfer secara langsung dari file ke layar monitor Anda.
|
o Perubahan ukuran gambar (pembesaran dan pengecilan) mempengaruhi kualitas gambar.
o Ukuran file gambar relatif besar.
o Melakukan kompresi (pemadatan) pada gambar, maka kualitasnya gambar tersebut akan menurun
|
Vektor
|
o Bersifat scalable, artinya kita dapat memperbesar atau memperkecil gambar tanpa mengubah kualitasnya.
o Memiliki ukuran file yang kecil
o Mempunyai warna-warna yang solid, cocok untuk bentuk-bentuk gambar sederhana, seperti logo, kartun, dan sebagainya.
|
o kurang dapat menampilkan gambar dan gradasi secara realitis atau natural.
|
Dalam dunia desain grafis dan percetakan yang berhubungan dengan gambar dan foto, terdapat banyak jenis format atau ekstensi file gambar. Berikut ini adalah penjelasan dari berbagai format gambar tersebut
a. PSD (Photoshop Document)
b. BMP (Bitmap Image)
c. EPS (Encapsuled Postcript)
d. JPG/JPEG (Joint Photographic Expert Group)
e. GIF (Graphic Interchange Format)
f. TIF (Tagged Image Format File)
g. PCX
h. PDF (Portable Document Format)
i. PNG (Portable Network Graphic)
j. PIC (Pict)
k. TGA (Targa)
l. IFF (Interchange File Format)
m. SCT (Scitex Continous Tone)
n. PXR (Pixar)
o. RAW
p. DCS (Dekstop Color Separation)
Berikut ini format file yang berorientasi publikasi elektronik dan multimedia dengan kompresinya masing-masing.
a. RLE (Run Length Encoding)
Kompresi ini mampu mengkompres file tanpa menghilangkan detail
b. LZW (Lemple-Zif-Welf)
Kompresi ini digunakan oleh TIFF, PDF, GIF, dan format yang mendukung bahasa postscript
c. JPG (Joint Photographic Experts Group)
Format file ini sering digunakan oleh JPG, PDF, dan format yang menggunakan bahasa postscript
d. CCIT
Kompresi ini digunakan untuk mengkompres gambar hitam putih, dan mampu mengkompres file tanpa menghilangkan detailnya
Audio
Teknologi audio juga berperan penting dalam penyampaian informasi, tanpa adanya audio dalam sebuah multimedia maka hasilnya tidak lengkap. Terdapat berbagai macam format file audio, diantaranya AAC, AIFF, MP3, ogg, wav, wma.
a. AAC ( Advance Audio Codec )
Merupakan sistem lossy compression untuk file audio. kompresi yang lebih effisien dengan kualitas suara audio yang lebih baik dan mendukung audio multichannel.
b. AIFF dan AIFC ( Audio Interchange File Format )
merupakan format file yang tidak dikompres, yang dikembangkan oleh Apple pada Machintosh dan platform Unix.
c. MP3
MP3 ( MPEG-1/2 Audio Layer 3 ) adalah format audio yang paling poluler dan dengan kualitasnya dan kapasitas yang menjadi relatif sangat kecil.
d. Ogg dan Ogg Vorbis
Ogg adalah format multimedia gratis yang dirancang untuk streaming dan penyimpanan yang efiesien
e. RealAudio
Dapat digunakan untuk streaming informasi audio dan dapat berjalan saat file audio tersebut masih didownload.
f. WAV (WAVE-form)
WAV ini adalah format utama untuk menyimpan data audio mentah pada Windows dan menggunakan metode yang sama dengan AIFF Apple untuk menyimpan data.
g. WMA ( Window Media Audio )
WMA juga menggunakan sistem Digital Rights Management seperti AAC untuk proteksi penggandaan dan membatasi pemutaran pada PC atau peranti tertentu.
Video
Terdiri dari full-motion dan life-video. Full-motion video berhubungan dengan penyimpanan sebagai video clip, sedangkan live-video merupakan hasil pemrosesan yang diperoleh dari kamera. Berikut ini macam-macam format file video
a. 3IVX
3ivx memungkinkan untuk pembuatan stream data MPEG-4 dan MP4 dan dapat juga digunakan untuk membuat stream audio AAC.
b. ASF ( Advanced Streaming Format / Advanced System Format )
Didesain untuk streaming dan membentuk bagian framework Windows Media. ASF dapat menggunakan beraneka ragam codec.
c. AVI ( Audio Video Interleaved )
File AVI menyimpan data audio dan video pada struktur interleaved. File ini hanya berupa kontainer dan data audio video dapat dikompres menggunakan berbagai codec.
d. Divx
Divx pada saat pembuatan versi 5.2.1 adalah merupakan codec MPEG-4 layer 2. Dikenal dengan tingkat kompresi yang tinggi, sehingga sangat memungkin menggunakan codectersebut untuk menggandakan film DVD.
e. MJPEG ( Motion JPEG)
Adalah codec video yang mengompres masing-masing frame sebagai JPEG image yang terpisah. Kualitasnya tergantung pada pergerakan di footage
f. MPEG
Adalah format kompresi yang distandarisasi oleh Moving Picture Experts Group (MPEG), yang terbentuk oleh 350 perusahaan dan organisasi.
g. OGM ( Ogg Media File )
format kontainer untuk audio, video dan subtitle. Sebagaimana AVI, format ini juga mendukung multiple audio track,
h. Quicktime
File Quicktime adalah kontainer multimedia yang terbentuk atas satu atau lebih track seperti audio, video, teks atau efek digital.
i. RealVideo dan RealMedia
Adalah codec video yang dikembangkan oleh RealNetworks pada tahun 1997. Berbeda dengan codec video lainnya, RealVideo telah dioptimasi untuk streaming video melalui jaringan IP
j. WMV ( Windows Media Video )
Adalah bagian dari sistem Windows Media buatan Microsoft. Adalah sebuah codec untuk mengencode film dan mentransform slide show yang berisi format bitmap kedalam video terkompres.
k. 3GP (3GPP format file)
Adalah sebuah multimedia container format yang ditetapkan oleh Third Generation Partnership Project (3GPP) untuk 3G UMTS jasa multimedia, yang digunakan di 3G ponsel, tetapi juga dapat dimainkan pada beberapa 2G dan 4G telepon.
l. Flash Video
Adalah sebuah wadah format file yang digunakan untuk mengirim video melalui Internet menggunakan Adobe Flash Player (awalnya diproduksi oleh Macromedia) versi 6-10.
m. 3G2 (3GPP2 format file)
Adalah wadah multimedia format yang ditetapkan oleh 3GPP2 untuk 3G CDMA2000 jasa multimedia. mirip dengan format 3GP, tapi memiliki beberapa ekstensi dan keterbatasan dibandingkan dengan 3GP.
n. VOB (Video Object)
Dalam file VOB, sudah terdapat video, audio, subtitle, dan isi menu, yang digabungkan bersama ke dalam sebuah file.
o. SWF
SWF saat ini berfungsi sebagai format yang dominan untuk menampilkan “animasi” vektor grafik di web.
Animasi
Secara tradisional animasi diciptakan dengan menggambar secara manual (hand drawn animation) frame demi frame sepanjang durasi animasi tersebut. Manfaat unsur animasi pada multimedia antara lain :
a. Media hiburan
animasi memberikan kepuasan tontonan. Animasi sebagai media hiburan biasanya digarap dengan sangat serius. contohnya film, video klip, games, iklan, dan lain-lain.
b. Media presentasi
1. Menarik perhatian dengan adanya gambar bergerak,
2. Membantu penyampaian informasi
3. Merepresentasikan model abstrak maupun berwujud
c. Media pembelajaran
Animasi dipakai sebagai alat pembelajaran yang efektif dan atraktif, seperti pada tutorial, cd interaktif, permainan(game) dan video pembelajaran.
d. Media bantu
Animasi berperan aktif sebagai elemen user interface pada produk multimedia dan dapat membantu visualisasi pada bidang industri, konstruksi, kesehatan dan lain lain.
Menarik bukan penjelasan mengenai macam-macam komponen yang ada di dalam pembuatan media multimedia.Kesimpulanan Komponen Multimedia berupa teks, grafik, audio, video, animasi.Dan semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi para pemerisa semanya.Sekian dan terimaksih
Wassalamulaikum wr wb
Wassalamulaikum wr wb